Breaking News

Cara Daftar Online KIP Kuliah 2020


Prosedur Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah salah satu bantuan pendidikan dari pemerintah yang merupakan bentuk penyempurnaan dari beasiswa bidikmisi. KIP kuliah ini memberikan fasilitas berupa pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer-UTBK serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos), pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi, dan bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan. Beriktu adalah prosedur pendaftaran online KIP kuliah. Untuk info beasiswa lain, click disini

Mendaftar di Sistem

Langkah pertama adalah kamu harus mendaftar mandiri. Mandiri disini dapat di artikan bahwa kamu dapat melakukan proses pendaftaran sendiri. Pendaftaran mandiri tersebut harus di lakukan di halaman resmi Sistem KIP-Kuliah. Bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa click disini Selain melalui website resmi, kamu juga bisa mendaftar melalui KIP-Kuliah mobile apps. Apps tersebut kamu bisa download di Play Store.
Pada saat pendaftaran, kamu akan membutuhkan NIKNISNNPSN dan alamat email yang aktif. Pastikan semua data yang kamu masukkan tersebut benar. Juga, untuk alamt email, jangan sampai lupa password baik password yang kamu gunakan untuk mendaftar KIP kuliah maupun password email itu sendiri.

Validasi

Ada dua macam proses validasi pada tahap ini. pertama adalah validasi NIKNISN dan NPSN. Kedua adalah validasi kelayakan KIP kuliah. Jika kamu sudah melakukan pendaftaran, Sistem KIP-Kuliah akan melakukan validasi terhadap NIKNISN dan NPSN. Itulah kenapa kamu harus benar-benar berhati-hati pada saat mengisi. Salah satu karakter saja akan membuat data kamu tidak valid. Jika NIKNISN dan NPSN terbukti valid, sistem selanjutnya juga akan melakukan validasi tentang kelayakan kamu untuk mendapatkan KIP-Kuliah. Bisa saja NIKNISN dan NPSN valid, tapi kamu dinyatakan tidak layak mendapatkan KIP kuliah.

Nomor pendaftaran & Kode akses

Jika NIKNISN dan NPSN valid dan layak mendapatkan KIP kuliah, sistem akan mengirim nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang sudah kamu daftarkan. Itulah kenapa, dari awal kamu harus memastikan bahwa kamu tidak lupa password email yang kamu gunakan. Kamu bisa membawayangkan bagaimana jika kamu tidak bisa tahu Nomor Pendaftaran dan Kode Akses hanya karena kamu tidak bisa membuka email kamu karena kamu melupakan passwordnya.

Melengkapi form pendaftaran online

Nomor pendaftaran dan kode akses tersebut bisa kamu gunakan untuk mengakses atau login ke akun online KIP Kuliah kamu. Kamu langsung bisa mulai mengisi form pendaftaran online. Selain itu, nanti kamu akan diminta untuk memilih proses seleksi yang akan diikuti seperti SNMPTN, SBMPTN, atau Mandiri.

Mendaftar jalur seleksi

Langkah selanjutnya, kamu harus mengisi formulir pendaftaran online pada jalur seleksi yang kamu pilih di akun KIP Kuliah. Contohnya, jika kamu memilih jalur SBMPTN, maka kamu harus mendaftar kuliah melalui jalur SBMPTN. Jalur yang dipilih di akun KIP Kuliah harus sesuai dengan jalur seleksi yang dipilih. Jangan sampai di akun KIP Kuliah memilih SBMPTN, ternyata kamu mendaftar jalur Mandiri.

Verifikasi Perguruan Tinggi

Ini adalah langkah terakhir pada proses untuk mendapatkan KIP kuliah. Ketika kamu sudah dinyatakan lolos di sebuah universitas baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau Mandiri, pihak universitas akan melakukan verifikasi apakah kamu benar-benar layak mendapatkan KIP kuliah. Jadi, jangan heran jika ada kasus nantinya, universitas menyatakan tidak layak menerima KIP kuliah. Dengan kata lain, kamu baru benar-benar sah mendapatkan KIP kuliah jika pihak universitas menyatakan kamu layak.

Tidak ada komentar

1. Berkomentarlah yang baik
2. Jangan memasukkan Link tanpa seizin admin