Breaking News

Cara Daftar KIP Kuliah Bagi Yang Belum Terdaftar Kartu KIP


Penjelasan Cara Mendaftar KIP Kuliah Bagi yang Belum Terdaftar Kartu KIP

Pendaftaran KIP kuliah sebentar lagi dibuka nih. LTMPT mengumumkan dalam SIARAN PERS nomor 05/sipers/ltmpt/11/2020 jika pendaftaran KIP kuliah akan dibuka di awal Maret mendatang. Pengumuman tersebut juga menjelaskan beberapa ketentuan dan cara untuk mendaftar KIP kuliah, termasuk bagi kamu yang belum memiliki kartu KIP maupun Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Berikut cara mendatar KIP kuliah bagi yang belum memiliki kartu KIP atau KKS. Untuk info beasiswa lain, silahkan click disini.

Daftar SNMPTN

Jika kamu belum memiliki kartu KIP atau KKS, kamu tetap dianjurkan untuk mendaftar SNMPTN sesuai dengan jadwal yaitu tanggal 14 Februari – 27 Februari 2020. Pada tahap ini kamu bisa melanjutkan proses pendaftaran hingga pemilihan PTN dan jurusan. Tidak perlu langsung difinalisasi. Kamu bisa menunggu arahan resmi dari pendaftaran KIP kuliah bagi yang belum memiliki kartu KIP atau KKS sebelum finalisasi SNMPTN. Maka dari itu, bagi kamu yang belum memiliki kartu KIP dan KKS bisa melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN sampai akhir Maret.

Daftar KIP Kuliah

Begitu pendaftaran KIP kuliah dibuka, kamu bisa memulai untuk mendaftar lewat web ini (kip-kuliah.kemdikbud.go.id). Hal yang kamu perlukan ketika mendaftar KIP kuliah adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email. Pendaftaran ini akan dibuka mulai awal bulan Maret 2020 hingga tanggal 31 Maret 2020. Ketika mendaftar KIP kuliah nanti, kamu bisa memilih jalur SNMPTN.

Diterima di Universitas

Poin ini merupakan poin awal yang harus kamu miliki. Hal ini sudah tertera di penjelasan criteria penerima KIP kuliah jika kamu harus telah diterima di salah satu universitas negeri atau swasta terakreditasi minimal B. Setelah pendaftaran SNMPTN dan KIP kuliah, akan ada sinkronasi sistem hingga sedemikian rupa untuk memutuskan apakah kamu akan diterima.

Lolos Seleksi Ketentuan Ekonomi

Lolos seleksi ketentuan ekonomi ini adalah penyeleksian apakah kamu memenuhi kriteria sebagai mahasiswa kurang mampu. Seleksi ini berdasarkan ketentuan universitas masing-masing. Umumnya pendapatan orang tua menjadi salah satu penentu dalam penyeleksian. Jika kamu lolos penyeleksian maka kamu berhak menerima KIP kuliah.
Walaupun begitu kemendikbud masih belum mengeluarkan penjelasan resmi mengenai pendaftaran KIP kuliah bagi yang belum menerima Kartu KIP dan KKS. Penjelasan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran Kartu KIP untuk yang belum meniliki kartu KIP dan KKS dijadwalkan akan keluar pada awal Maret 2020. Bagi kamu yang penasaran, silahkan cek web resmi KIP kuliah secara berkala.

Tidak ada komentar

1. Berkomentarlah yang baik
2. Jangan memasukkan Link tanpa seizin admin