Breaking News

Perbedaan KIP Kuliah dengan Beasiswa Bidikmisi


Perbedaan KIP Kuliah dan Beasiswa Bidikmisi

Apa itu KIP Kuliah? Pasti diantara kalian ada yang masih bingung tentang KIP Kuliah ini kan? Well, KIP Kuliah adalah sebuah program pemerintah yang memberi dana pendidikan bagi masyarakat kurang mampu yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, maupun korban bencana alam/musibah. KIP Kuliah dibuat oleh pemerintah sebagai penyempurna program Bidikmisi yang ditargetkan untuk masyarakat berprestasi yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berikut adalah Perbedaan KIP Kuliah dan Beasiswa Bidikmisi. Untuk info beasiswa lainnya, click disini.

Pembiayaan

Sedikit berbeda dengan Bidikmisi pada hal pembiayaan, Bidikmisi lebih menanggung ke pemberian biaya hidup dan UKT mahasiswa. Sedangkan KIP Kuliah lebih ke pemberian biaya UKT dan uang buku seperti yang telah diusulkan oleh Kemenristekdikti. Selain itu, pada PTN ada kewajiban memberi porsi 20 persen beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu. Sementara untuk PTS tidak ada kewajiban seperti itu.

Sasaran

Mereka yang sudah memiliki KIP semasa sekolah maka memenuhi syarat untuk mendapatkan KIP Kuliah. Bagi kalian yang belum memiliki KIP semasa sekolah jangan khawatir karena kalian juga bisa mendaftar KIP kuliah ini. Selain itu KIP Kuliah memberi prioritas untuk mahasiswa yang kuliah di bidang science dan vokasi. Sedangkan untuk bidang-bidang sosial akan diproses setelahnya. Jadi jangan berkecil hati untuk kalian yang memilih kuliah di bidang sosial karena masih ada kesempatan untuk kalian mendapatkan KIP Kuliah juga.

Kuota Penerima

Sejak diadakan pada tahun 2010, mahasiswa miskin yang menerima program beasiswa Bidikmisi ditargetkan mencapai 600.000 mahasiswa. Sedangkan untuk KIP Kuliah hingga 5 tahun ke depan, penerima KIP Kuliah ditargetkan mencapai 2 juta mahasiswa. Bayangkan, ini 3x lipat lebih dari kuota penerima Bidikmisi loh.

Jumlah uang yang diterima

Besar uang yang akan diterima pemegang kartu KIP Kuliah adalah Rp 6,6 juta/mahasiswa, hal ini meliputi biaya hidup Rp 4,2 juta ditambah dengan biaya pendidikan Rp 2,4 juta per mahasiswa dan ini akan cair selama satu semester sekali.
Diclaimer:
Informasi resmi dari pemerintah belum keluar. Info di atas adalah rangkuman dari riset, diskusi di grup, dan beberapa artikel terkait.

Tidak ada komentar

1. Berkomentarlah yang baik
2. Jangan memasukkan Link tanpa seizin admin