Breaking News

Pendaftaran Online IAIN Samarinda 2016/2017

Pendaftaran Online IAIN Samarinda 2016/2017
www.iain-samarinda.ac.id -- PMB IAIN Samarinda, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Samarinda, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Samarinda, Panduan Pendaftaran Online IAIN Samarinda, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, UMAN-PTKIN, 2016/2017
Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi yang terangkum dalam artikel yang berjudul Pendaftaran Online IAIN Samarinda 2016/2017 yang berisi tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru masuk ke IAIN Samarinda. Artikel ini diberikan dengan tujuan dapat agar memudahkan anda mendapatkan informasi PMB IAIN Samarinda. Untuk mengetahui informasi, ayo ikuti pembahasannya berikut ini.
IAIN Samarinda merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam yang terletak di Samarinda provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sebelumnya, IAIN Samarinda berstatus sebagai STAIN Sultan Sulaiman. IAIN Samarinda telah didirikan pada 21 Maret 1997 atau dalam kalender Islam pada tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H.
Sampai saat ini, IAIN Samarinda telah memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta program Pascasarjana. Program studi dari masing-masing fakultas dijelaskan berikut ini.
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (S1) terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Manajeman Pendidikan Islam.
  • Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (S1) terdiri dari program studi : Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Bimbingan Konseling Islam, Ilmu Al-Quran dan Tafsir.
  • Fakultas Syariah (S1) terdiri dari program studi : Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, dan Hukum Tata Negara Islam.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (S1) terdiri dari program studi : Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah.
  • Program Pascasarjana (S2) terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Manajeman Pendidikan Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Hukum Islam, Ekonomi Syariah, dan Pendidikan Anak Usia Dini Islam.
Pada tahun ini, IAIN Samarinda kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S1 maupun S2.
Untuk jenjang S1 dibuka melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan UMAN-PTKIN. Informasi selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran Online SPAN-PTKIN IAIN Samarinda 2016/2017
SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor kelas X sampai dengan kelas XII semester 1. Hanya siswa yang secara konsisten menunjukkan kemampuan akademiknya yang mendapatkan kesempatan mengikuti jalur ini.
Pendaftaran SPAN-PTKIN diawali oleh sekolah yang merekomendasikan para siswanya. Kemudian siswa melakukan pendaftaran online mandiri dengan mengakses alamat website www.span-ptkin.ac.id. Login ke alamat tersebut dengan menggunakan ID pendaftaran yag didapatkan dari sekolah. Mengisi biodata diri sampai mencetak kartu tanda peserta SPAN-PTKIN.
Mengenai biaya pendaftaran SPAN-PTKIN bahwa biayanya gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah. Oleh karena itu peserta tidak akan dipungut biaya pendaftaran. Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran SPAN-PTKIN silahkan kunjungi artikel sebelumnya atau klik langsung DISINI.
B. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Samarinda 2016/2017
UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru untuk masuk ke UIN, IAIN, atau STAIN yang seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis.
Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat website www.um-ptkin.ac.id. Peserta harus mengakses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri pada formulir pendaftaran online sampai dengan mencetak kartu tanda peserta UM-PTKIN.
Informasi selengkapnya mengenai jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, tata cara pendaftaran, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada artikel : Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN 2016/2017.
C. Pendaftaran Online UMAN-PTKIN IAIN Samarinda 2016/2017
UMAN-PTKIN merupakan jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal oleh panitia penyelenggara dari IAIN Samarinda untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur ini bisa disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur UMAN-PTKIN.
Jadwal Pelaksanaan UMAN-PTKIN
  • Pendaftaran online pada 27 Juli - 7 Agustus
  • Tes tertulis pada 8 - 9 Agustus
  • Pengumuman kelulusan pada 10 Agustus
  • Pendaftaran ulang pada 11 - 14 Agustus
Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website www.iain-samarinda.ac.id. Informasi selengkapnya bisa anda baca pada alamat tersebut.
4. Pendaftaran Online Pascasarjana IAIN Samarinda 2016/2017
Program Pascasarjana IAIN Samarinda kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ini. Jika anda berminat, silahkan daftarkan diri anda sebelum masa pendaftaran ditutup. Jadwal pelaksanaannya berikut ini.
Jadwal Pelaksanaan Pascasarjana IAIN Samarinda
  • Pendaftaran online pada 28 Februari - 7 Agustus
  • Tes tertulis pada 14 Agustus
  • Pengumuman kelulusan pada 18 Agustus
  • Pendaftaran ulang pada 18 - 28 Agustus
  • Kuliah perdana pada 1 September
Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website www.iain-samarinda.ac.id atau pps.iain-samarinda.ac.id. Informasi selengkapnya bisa anda baca pada alamat tersebut.

Tidak ada komentar

1. Berkomentarlah yang baik
2. Jangan memasukkan Link tanpa seizin admin