Breaking News

Alasan Kenapa Ingin Menulis ?




 
Banyak sekali seseorang yang ingin menulis dengan berbagai alasan , dari alasan yang sederhana sampai yang kompleks, dari yang ga ada tujuan sampai yang jelas tujuannya. Nah.. disinilah pilihan nya , mau jadi penulis yang bermanfaat atau mau yang penting nulis. 

Mungkin inilah yang membuat saya membuka mata untuk menulis dan dengan ini saya berani bertekad (malah sampai berikrar supaya membuat buku best seller) karena dengan menulis saya ingin mencari sebuah kebenaran yang selama ini banyak orang yang menulis dengan berbagai alasan . 

“ Apa iya menulis bisa mencari kebenaran?” jawabanya : pasti bisalah , ingat ! orang ingin menulis pasti butuh wawasan. Adanya wawasan karena kita sering membaca dan dengan membaca kebenaran bisa terbongkar. Contoh “ sejarah indonesia yang diajarkan kepada anak-anak bangsa ini bahkan kepada saya , ketika saya hanya mengandalkan sejarah yang diajarkan oleh guru , pasti pandangan sejarah saya seperti yang yang dikatakan oleh guru saya, namun karena saya baca dari berbagai sumber dan belajar dari berbagai karakter orang , saya bisa menyimpulkan sejarah indonesia yang sebenarnya “(wallahu’alam).

Ets…. Ada yang paling mengagumkan dari alasan di atas lohh…mau tau?? 

Terusss baca yaa….

Jadi didalam al qur’an saya menemukan sebuah surat yang berkaitan dengan menulis dan membuat diri ini semakin semangat dengan aktifitas ini. Yaitu surah AL Qolam  yang artinya Pena, fungsi pena kan untuk menulis . Luar biasa bukan , ternyata Allah SWT juga memberikan semangat kepada manusia untuk menulis . 

Oalahh baru sadar yak ternyata disemangatin sama sang pencipta……hehehee

Nihh ada lagi alasan yang membuat saya lebih bersemangat …..mau tau gak!!!

Mudah-mudahan bisa mengispirasi penulis yang lain yah, ini alasan yang sangat menginspirasi diri saya , dari berbagai alasan para penulis yang begitu mengispirasi . Dari kata di atas ini bisa disimpukan “kalo penulis yang lain saja bisa menginspirasi masa saya tidak” . hehehe….
Oke … kembali ke laptop …ehh salah … maksudnya kembali ke pembahasan alasan saya. Jangan bosen yah baca alasan yang saya buat ini….
Lanjut…..

Jadi… Kronologis sekali lohh Allah SWT menyemangati kita dengan firmannya, bahkan dari awal turunya wahyu . seandainya kita bisa peka dengan sifat kasih sayang NYA mungkin banyak hal-hal yang luar biasa yang kita dapatkan dalam bidang apapun.
Dalam bidang menulis ternyata hal utama yang diperhatikan-NYA, “kenapa paling utama mendapat perhatian-NYA ?”. Coba lihat sejarah diturunkannya Al Quran , surat-surat yang pertama kali turun semuanya berkronologis untuk mengsukseskan para penulis.
Ayat yang pertama kali turun surah al alaq ayat 1-5 berbicara tentang membaca , karena dengan membaca akan menambah wawasan serta peka dengan keadaan lingkungan sekitar . karena dalam ayat itu membaca bukan hanya membaca tulisan namun harus membaca alam sekitar .
Selanjutnya surah al muddasir ayat 1-7 dan al muzzamil   yang di dalamnya berisikan orang-orang yang berselimut , jelas sekali allah SWT menyuruh agar saya tidak menjadi orang yang pemalas dan bangun di 1/3 malam terakhir. “ Kenapa tidak boleh malas ? “, tidak ada di dalam kamus seorang penulis kata “malas” karena seandainya penulis memiliki rasa malas maka tidak ada karya yang tercipta dari tulisannya karena bermalasan-malasan terus.
“Kenapa harus bangun di 1/3 malam terakhir?”, sering bangun di 1/3 malam terakhir itu bisa membuat  pikiran fresh karena alam dalam keadaan tenang.  Sehingga banyak ide kreatif yang akan timbul untuk melanjutkan tulisan yang sedang dibuat.
 Selanjutnya surah Al Qolam disinilah jelas-jelas terasa oleh saya bahwa allah SWT  menyemangati diri ini untuk berkarya dalam bidang menulis.
Dari alasan di atas mudah-mudahan buku karya saya nanti dapat merubah peradaban dan dapat menebarkan kebaikan kepada sesama manusia. Pastinya hanya berharap bisa bermanfaat untuk manusia yang lain karena seperti sabda rosul , yaitu…
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Saya hanya mengharap menjadi manusia yang baik yang bermanfaat bagi orang lain , karena ketika saya berbuat baik untuk orang lain itu sebenarnya perbuatan baik nya untuk diri sendiri . seperti dalam firman Allah SWT , yaitu…
إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ
Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

Wihh ….. kok malah jadi ceramah yaahh ???

Hihihi…. Mau cerita bentar nihh sebeum saya tutup…..

Cerita ini yang bikin saya mau banget jadi penulis, malah sampai saya bertekad “suatu hari nanti apapun profesi saya , kisah saya harus tetap tertulis karena banyak sekali hal yang menarik “.

Jadi dulu waktu saya masih duduk di bangku SMP saya selalu bilang ke orang tua saya, “ umi sepertinya jadi penulis itu mudah yahh…”,

 kemudian umi membalas “ jadi penulis mudah kalo kamu itu rajin mengasah kemampuan menulismu bukan rajin main “,

saya : “ umi , tapi karim mau jadi dokter bukan jadi penulis “

umi : “ justru kalo kamu jadi dokter itu lah yang membuat kisah hidup kamu bagus untuk bisa tertulis , malah bisa ditulis sama orang lain kali. Tapi, apapun kerjaan kamu nanti kamu pasti bisa mengabadikan kisah itu dengan goresan tangan tulisan kamu sendiri”.

Saya: “ aku tau umi biaya kedokteran itu mahal banget , buat sekolah sampai sekarang aja aku udah seneng apalagi sampai jadi dokter , tapi aku mau janji “aku pasti tulis kisah hidupku nanti untuk bisa di bukukan”.

Umi : “ yaudah kamu serius sekolah aja dulu supaya kamu bisa sukses , umi cuma mau kamu jadi anak sholeh doang kok ”.

Saya : “ karim tau mii, mungkin aku baru bisa jadi seorang yang mungutin sampah sekarang , dan karim ga mau terus-terusan begini , suatu hari kisah aku bakalan jadi buku-buku seperti buku anak singkong dll “

Umi : “ Umi cuma bisa mendoakan kamu , mudah-mudahan itu terwujud”.

            Inilah alasan terkuat yang membuat saya ingin sekali menjadi seorang penulis yang handal yang bermanfaat bagi manusia lainya dan mampu membahagiakan orang tua di dunia maupun di akhirat.
            Terima kasih … couch , para PJ dan teman-teman KMO yang semangat dalam menulis. Sekarang saya mencoba untuk memberanikan diri untuk bisa berkarya di dunia tulisan .

Semoga Bermanfaat ............
Salam hangat penulis...






Abdul Qarriem

Tidak ada komentar

1. Berkomentarlah yang baik
2. Jangan memasukkan Link tanpa seizin admin